Tips Menghemat Kuota Internet Untuk Menulis Artikel Di Blog

sagiri
Tips Menghemat Kuota Internet Untuk Menulis Artikel Di Blog
Yo gimana nih puasanya? Masih kuatkan? Udah bolong berapa kali puasanya hayo ngaku? Hehehe Dibulan yang penuh berkah ini kali ini kita akan membahas tips menulis artikel di blog agar kuota internet yang kita miliki tidak cepat habis dan boros.

Bagi seorang blogger menulis artikel adalah sebuah keasikan tersendiri karena bisa berbagi apapun melalui tulisannya mulai dari berbagi pengalaman hidup yang di tulis di blognya, tips dan tutorial tentang blog hingga menjadikan tulisannya sebagai media menghasilkan uang, asik bukan jika punya hobi nulis di blog bisa di jadikan sebagai bisnis.

Bagi sebagian orang yang masih mengandalkan paket internet seluler seperti GSM dan CDMA seperti saya ini untuk beraktifitas blogging rasanya kita tidak bisa leluasa untuk melakukan aktifitas yang kita inginkan seperti mengoptimalkan seo yang ada di blog kita atau mengotak-atik tampilan template agar terlihat memiliki cirikhas tersendiri. Bahkan untuk menulis sebuah artikel kita harus mempertimbangkan berapa banyak lagi kuota yang tersisa agar kita masih bisa memposting sebuah artikel.

Maka dari itu kali ini saya akan berbagi sedikit tips supaya kuota internet yang kita miliki tidak boros dan bahkan terbuang percuma saat melakukan aktifitas menulis artikel di blog. Sebenarnya saya memakai beberapa software dan aplikasi untuk menunjang aktifitas menulis di blog, tapi tenang aja karena software dan aplikasi ini pasti sudah sangat familiar dan bahkan sudah terinstal buat sobat yang sering mengutak-atik komputer dan hp androidnya. Ok mari disimak cara yang saya lakukan agar kuota internet tidak terbuang percuma saat menulis artikel di blog

1. Menulis di kotak postingan blogger mode offline

Yup ini tips yang pertama, tapi untuk menulis di kotak postingan blogger ini kita harus menggunakan data internet dulu karena harus login, setelah berhasil masuk barulah kita bisa mengetik artikel apa yang ingin kita buat, saat membuat artikelnya matikan data internetnya supaya hemat kuota. Namun menurut saya cara ini sedikit ribet karena harus menggunakan data internet dan menyala matikan data internet terlebih dahulu.

2. Menggunakan microsoft word

Nah yang ini lebih praktis karena kita bisa langsung menulis apa yang ada di dalam isi kepala kita tanpa harus menggunakan koneksi internet sedikitpun, disini kita bisa sekalian membuat artikel dan mengedit tulisan yang menggunakan gaya tulisan bold, italic dan lain sebagainya. Namun hal ini akan menimbulkan sedikit error di blog kita saat kita meng copasnya langsung dari microsoft word ke kotak postingan blog dan langsung mempublish kannya.

Seperti yang asalnya total postingan di home page kita atur yang muncul 7 namun saat kita posting langsung dari microsoft word ke kotak post di blog yang muncul menjadi tidak sesuai, itu disebabkan karena adanya sebagian script microsoft word yang ikut tercopy. Untuk mengatasinya copykan terlebih dahulu dari microsoft word ke dalam notepad lalu copykan lagi dari notepad ke kota postingan blog.


3. Menggunakan notepad

Yang ke tiga kita juga bisa menggunakan notepad untuk menulis artikel, walaupun tidak sebagus menggunakan microsoft word menggunakan notepad juga bisa menjadi alternatif lain karena menulis di notepad tidak akan memakan banyak RAM komputer, jadi buat yang memiliki komputer dengan spek alakadarnya menggunakan notepad tidak akan mengalami lag atau hank? Heng? Hang? apalah itu pokoknya -_- yang jelas komputernya ga macet.

4. Menggunakan aplikasi WPS Office

Nah buat pengguna android lebih enak menggunakan aplikasi ini, semenjak komputer saya sering rusak karena virus dan yang bikin males itu harus instal ulang setiap beberapa bulan sekali, jadi saya putuskan untuk beralih menggunakan hp android untuk menulis artikel, aplikasi ini ga berbeda jauh dengan notepad dan microsoft word yang ada di komputer dan cara penggunaannya juga gampang. Buat yang belum punya aplikasinya bisa di download DISINI (playstore)

Dengan menggunakan cara di atas kita bisa menghemat banyak kuota karena seluruh materi postingan sudah kita siapkan, tinggal copy dan paste artikel yang kita buat dan sedikit mengeditnya + menambahkan foto di postingannya lalu tinggal di publikasikan deh.

Cara ini menurut saya sangat efektif untuk yang memiliki kuota internet yang sangat terbatas karena kuota hanya akan terpakai jika kita login blogger, mengupload file, dan mempublikasikannya.

Nah itu dia sedikit tips untuk menghemat kuota internet saat menulis artikel di blog yang saya gunakan hingga saat ini semoga tips yang saya berikan bisa bermanfaat khususnya bagi yang belum pernah mencobanya.

Post a Comment